45 Anggota Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) ikuti Pelatihan Peningkatan  Kapasitas 

WARTASULTENG.COM: MOROWALI - Sebanyak 45 peserta Tim Pelaksanaan Inovasi Desa ( TPID) tingkat Kabupaten Morowali tahun 2017 mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas. Acara digelar oleh Dinas pemberdayaan masyarakat Desa dan Perlindungan Anak Kabupaten Morowali. Hadir dalam acara tersebut selaku Narasumber Pendamping Teknis Kabupaten Morowali Program Pembangunan Dan Pemberdayaan  Masyarakat Desa ( P3MD)  Moh Akbar, Wildan Yuliadi, Moh Rais, Hendry Wahyu, Ratni dan Rismawati   serta di ikuti TPID sebanyak 45 orang se Kabupaten Morowali dan kegiatan berlangsung di Gedung Serbaguna Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali, Selasa (26/17/2017).

Menurut Wildan Yuliadi, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar,  TPID tujuanya adalah 

  1. mengawal dana desa agar sana desa menjadi  tepat sasaran ,dengan demikian dapat bermanfaat bagi masyarakat luas di desa masing masing.
  2. Meningkatan kapasitas TPID,supaya mengawal kegiatan inovatif yang mereka beli di bursa inovasi, misalnya posyandu remaja desa yang di beli oleh desa  yang akan terapkan di desa dengan mengunakan  dana desa.ujar Wildan 

Ditambahkan Wildan Kalau Tugas dari TPID itu sendiri  adalah mengawal komitmen hasil bursa yang akan diimplemtasi di desa. Program ini muncul karena adanya dana desa belum maksimal ,sehingga harapanya dengan adanya TPID bisa berjalan lancar dan sukses serta tepat sasaran dana desa.

"Kami juga memantau kegiatan dana desa, dan ketika ada temuan di desa, kami TPID  menyurati inspektorat untuk menidaklanjuti temuan tersebut. Untuk itu kami berharap pemerintah Kabupaten proaktif dalam rangka mendukung TPID." harap  Wildan.(pri).