Sebanyak 1000 Pohon Akan DiTanam Pada Hari Bumi Sedunia Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Morowali 

INDONESIASATU.CO.ID:

MOROWALI- ,Dalam rangka memperingati hari bumi sedunia yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2018, maka Dinas Lingkungam Hidup Kabupaten Morowali rencananya  akan menanam pohon sebanyak 1000 pohon. Hari Bumi Sedunia dengan mengambil  tema " Sayangi Bumi ,Bersihkan dari Sampah"

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungam Hidup Kabupaten Morowali Drs.Fajar pada saat usia acara Peringatan Isra dan Midraj di Desa Puungkoilu Kecamatam Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Rabu (18/4/2018).

Menurutnya bahwa pada tanggal 22 April 2018 akan digelar acara peringatan Hari Bumi Sedunia yang akan dimulai sebagai puncak kegiatan dan pada kegiatan tersebut dirangkaikan dengan beberapa kegiatan yaitu, Kegiatan Jalan Santai yang akan di ikuti oleh semua unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali ,TNI,Polisi, ASN, LSM, Pencinta Alam,Sekolah dan Petugas Penyapu Kebersihan.

Kegiatan jalan Santai akan di awali dari depan Pasar Bungku menuju Lapangan Marsoleh dan selama diperjalanan akan dibagikan kantong plastik untuk memungut sampah selama kegiatan dan kegiatan penanaman pohon di Marsoleh.

Kemudian untuk tanggal 23 April 2018 dilakukan kegiatan pembuatan Kompos atau simulasi pembuatan Kompos di Kantor Lingkungam Hidup yang diikuti oleh beberapa perwakilan OPD dan Sekolah. Dan selanjutnya pada tanggal 24 April 2018 akan dilakukan penanamn pohon oleh LSM dan Kelompok Pencita Alam serta petugas kebersihan di jalan - jalan menuju TPA baik di Desa Ipi maupun di Desa Bahururu serta penanaman mangruve di depan Rujab.ujar Fajar.

Lanjutnya, kegiatan yang lain pada tanggal 25 April 2018 akan di gelar kegiatan kerja bakti masal dan akan melibatkan seluruh komponen dalam rangka menyambut pelaksanaan STQ ke 27 dan sekaligus memperingati Hari Bumi Sedunia.
Adapun titik - titik yang akan di lakukan penanaman pohon dari jembatan Masoleh sampai di Kelurahan Matano, Pasar Bente Bersih Pantai dan di Desa Bahomohoni mulai pintu gerbang sampai di depan RSUD.

Kami juga mendapatkan bantuan bibit pohon dari PT IMIP sebanyak 750 pohon yang terdiri dari 250 bibit pohon Sengon, 250 bibit pohon ketapang kencana dan 250 bibit pohon mangruve serta bibit buah -buahan 250 pohon.

Kegiatan ini sangat sefesifik karena masuk dari pada kegiatan Nasional yaitu tiga bulan bersih sampah yang diawali hari Perduli Sampah Nasional pada tanggal 21 Januari dan ditutup pada tanggal 22 April 2018 dengan Hari Bumi.Imbuhnya.

Masih Kata Fajar, Kabupaten Morowali sebagai Kabupaten yang masuk nominasi  kota Adipura.ada empat Kabupaten yaitu 1.Kabupaten Morowali, 2.Kabupaten Poso,3.Kabupaten Donggala dan  Kabupaten Luwu Banggai, maka dengan kegiatan ini bisa menambah lagi nilai kita untuk mendapatkan nilai dan waktu dekat akan di asetensi di Pusat.

Kota Bungku sebagai Ibu Kota Morowali dipercayakan sebagai pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ke 27 tentunya kita sambut tamu- tamu kita dengan mempersiapkan kebersihan seluruh komponem yang ada . Kegiatan ini indentik dengan kebersihan ,karena kebersihan adalah sebagian dari pada iman.

Kota Bungku bukan hanya programnya Morowali Berjamaah dan Morowali Mengaji akan tetapi itu sudah di aplikasikan dengan tindakan bahwa kita juga masuk  Kota baru yang baru berumur usia muda ,akan tetapi bisa masuk untuk mengikuti Adipura dan mudah -mudahan kita semua seluruh komponen masyarakat memberikan kontribusi dan siapapun Bupati 2018-2023 Kota Bungku akan menjadi Adipura. Ungkapnya.(supriyono).

Berita Terbaru

Index Berita